WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

123

WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Andrew Wihono
Hi rekan-rekan milis,

karena saya tidak dapat mendapatkan jawaban yang jelas ketika browsing di internet maka saya mencoba mencari kejelasan di forum ini.

Kasus nya adalah ada expatriate di kantor saya yang hendak datang ke Indonesia.
Apabila dia membawa handphone iphone dia dari luar negeri,
apakah handphone tersebut akan bisa di pakai di Indonesia?
karena handphone nya akan kita isi dengan nomor provider indonesia utk pemakaian komunikasi dia sehari-hari besok.

untuk skenario apabila handphone nya ini baru gress, apa dia harus melapor dan membayar pajak dahulu?
untuk skenario apabila handphone nya ini bekas, apa dia bisa tetap menggunakan handphone tersebut?

terima kasih.

Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Setiadi
IMHO.

Sependek pengetahuan saya. expat atau turis tetap mendaftar IMEI lewat bea cukai di bandara. Agar bisa digunaka.
Lalu jika, bawa ponsel senilai berapa gitu, tetap bayar pajak/cukai.

CMIIW.

On Tue, Jan 12, 2021 at 1:18 PM Andrew Wihono <[hidden email]> wrote:
[...]

Didit FA
ijin ikut menyimak.

(kok aneh ya.. masa harus bayar "pajak" utk barang yg sudah sehari2 dia pakai selama ini -sebelum ke Indonesia-)

.

uam

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

uam
Hi, kebetulan akhir tahun lalu saya ada case serupa, mungkin bisa jadi referensi.

Client saya datang dari luar untuk bekerja selama 3 bulan di Jakarta, saat di bandara kita langsung lapor dengan membawa copy kontrak kerja dan izin tinggal sementara. IMEI nya didaftarkan dan dicatat oleh petugas dibandara dan hanya boleh max 2 unit per orang (1 unit iPhone dan 1 unit iPad, jadi kalau punya device lebih tidak diperkenankan), tapi tidak membayar cukai dan biaya apapun, dan ada form konfirmasi yang kita terima dari proses daftar ini.

Kedua device bisa digunakan normal, roaming dengan Telkomsel. Tapi kendalanya, setelah 3 hari baik iPhone dan iPad nya tidak bisa menerima sinyal lagi. Kebetulan kita coba aktifkan kartu Simpati untuk digunakan sementara. Lalu test balik dengan SIM asli, tetap tidak bisa roaming, asumsi belum didaftar di database.

Sudah beberapa kali menghubungi pihak Telkomsel tapi belum ada jawaban dan solusi yang diterima. Agak malu sih ke si client dengan kondisi ini, tapi emang sama sekali ga terselesaikan sampai sekarang. Sementara kita kasih solusi beli Mifi untuk koneksi sementara.

Kacaw banget deh program/aturan IMEI ini.

On Tue, 12 Jan 2021 at 13.18 Andrew Wihono <[hidden email]> wrote:
[...]

salam,

-uam-

Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Arianto C Nugroho
Jadi roaming pakai nomor asli si client juga gak bisa? Setelah 3 hari device nya gak bisa digunakan sama sekali? Kalau coba pilih operator lain untuk koneksi bagaimana?

Alamat runyam nih mudik ntar :(

On Tue, 12 Jan 2021, 09:20 uam, <[hidden email]> wrote:
[...]

Teguh Aditya
Bagi pengalamanan di kantor saya...

Daripada ribet urus ke operator, kemeninfo, kemenperin, cukai, di ping pong sana sini habis waktu, paling simple memang beli device baru lagi sini.

Teguh

uam

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

uam
Dicoba masukin SIM aslinya, masuk pilihan roaming, lalu pilih Telkomsel setelahnya No Signal
Cobain kartu lain Halo, XL, Indosat semuanya juga No Signal —

Yang paling bikin kesel adalah, udah coba hubungi sana-sini termasuk Operator, Dirjen BC, ga ada yang tampung permasalah dan ga ada solusi sama sekali.

On Tue, 12 Jan 2021 at 18.35 Arianto C Nugroho <[hidden email]> wrote:
[...]

Herry SW
Gambaran umumnya begini, Pak:

1. Ekspat tersebut akan di Indonesia berapa lama? Jika tidak lebih dari
30 hari, saat mendarat di Indonesia dia bisa mendaftar di bandara. Jadi,
ponsel yang dibawanya dapat dipakai dengan kartu lokal Indonesia. Tak
perlu bayar bea masuk atau pajak.

2. Detail langkah-langkahnya (harus bawa bukti apa saja, menemui siapa,
dll) terus terang belum saya ketahui.

Salam,

Herry SW

On Tue, 12 Jan 2021 13:18:11 +0700
> [...]

Kontak Admin:
IG   https://www.instagram.com/agushamonangan

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

kalau misalnya yg bersangkutan.. ingin roaming saja, tanpa ganti ke kartu lokal, apakah bisa om HSW?
operator lokal.. tetap bisa memberikan akses 4G ke kartu luar & hp nya?
dan apakah tetap harus mendaftar di bandara juga..?

kalau misalnya terlewat utk melakukan pendaftaran di bandara, ada cara lain yg memang resmi sesuai prosedur..?
diharapkan sih.. pendaftaran secara online aja.

.

On Wed, Jan 13, 2021 at 7:55 AM Herry SW <[hidden email]> wrote:
> [...]

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

yg menjadi pertanyaan juga, di bandara informasi seperti ini jelas gak ?

kenapa batasannya 30 hari ? apakah memang batas tinggal turis dalam 1 waktu cuman 30 hari ? bukannya 90 hari ?

On Wed, Jan 13, 2021 at 1:55 AM Herry SW <[hidden email]> wrote:
> [...]

> dan membayar pajak dahulu?
> untuk skenario apabila handphone nya ini bekas, apa dia bisa tetap

Best Regards
Arianto C Nugroho

Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Ronny Fredila
Jangankan expatriat, yang jelas jelas resmi saja banyak yang tidak dapat sinyal.

Pengalaman seminggu ini, salah satu tenant saya (Eraf*ne) beberapa kali gagal jual barang gara gara saat dimasukkan kartu sim selain telkomsel, Sama sekali tidak dapat sinyal. Pas dimasukkan sim telkomsel milik staf, bisa dapat sinyal, tapi xl tri axis dll punya customer, blank. Ini terutama berlaku untuk type type gadget terbaru seperti Samsung A21s keatas.
Akhirnya customer diarahkan untuk beli type yang lebih tua seperti A50s dll. Eh ternyata bisa mendapatkan semua sinyal operator.

Inti nya, hati hati beli gadget type terbaru dalam beberapa waktu ini karena dikhawatirkan imei nya belum terdaftar karena kapasitas ceir yang penuh. Yang resmi saja bisa bermasalah, apalagi yang dibawa dari luar negeri.

Pada tanggal Sel, 12 Jan 2021 15:20, uam <[hidden email]> menulis:
[...]

jadi kalau beli hp baru.., langsung unboxing di toko.
cek masukkan kartu yg existing..?
kalau gak dapat sinyal.., gak jadi beli?

heheee...

.

On Wed, Jan 13, 2021 at 1:41 PM Ronny Fredila <[hidden email]> wrote:
[...]

Betul sekali. Ini ada 2 biji Galaxy A21s yang ditukar ditempat dengan A50s, karena memang bisa ditukar dengan syarat masih dalam waktu 24 jam.

A21s nya langsung di retur ke Samsung nya

Pada tanggal Rab, 13 Jan 2021 16:49, Didit FA <[hidden email]> menulis:
[...]

Hi rekan rekan semua,
Iya kebetulan expat nya ini akan di Indonesia lama.
Kontrak kerja 2 tahun.
Menggantikan posisi seorang expat lain yg memang tidak bisa kembali ke Indonesia karena dia ada diabetes dan resiko covid 19 tinggi.
Sehingga pihak afiliasi kita menolak melepaskan orang lama ini kembali ke indonesia.

Nah ini berarti alamat si HP expat baru blank sinyal ya haha
Bakal butuh dana utk beliin dia hape donk?

Yang bikin konyol lagi, ada expat lain mau nitip hape iphone 12 ketika si expat ini transit di Singapura minggu ini.
Saya sudah warning ke dia, tidak bisa.
Tapi entahlah kalau nekad.
Siapa tau nanti minggu minggu depan saya post WTS iphone 12 tanpa sinyal😆

Jim

Re: WTA : Seputar blokir IMEI untuk Expatriate atau orang asing

Jim
wah udah mendekati hape sejuta umat dulu nih baru blokirnya dibuka lagi hehehe
whitelist IMEInya berdasarkan block IMEI dari produsen. padahal IMEInya belum tentu diproduksi

runyam karena sebenarnya semua sedang hitung mundur. 2 tahun lagi, waktunya pada ganti hape baru, pasti akan ada masalah serupa dan nampaknya lebih masif.